Konsep Dasar Pemrograman Web

Senin, 08 Februari 2010

               Dewasa ini perkembangan teknologi web telah begitu pesat dan sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan menggunakan website berbagai jenis informasi bisa kita peroleh. The World Wide Web (WWW) adalah sebuah repositori (tempat penyimpanan atau gudang) online dalam skala besar yang menyediakan informasi .Layanan ini disediakan oleh sebuah protokol yang dinamakan dengan HTTP (HyperText Transfer Protocol).Seolah –olah sekarang istilah “WWW” selalu tidak terlepas dengan istilah “internet”. Adapun Internet sendiri memiliki pengertian adalah Jaringan global yang terbentuk dari ribuan bahkan jutaan lebih komputer, atau biasa juga disebut jaringan dari jaringan ( network of networks) .secara teknis web terdiri dari 2 bagian
1. Web Server
Yaitu suatu komputer dan sofware yang menyimpan serta mendistribusikan data ke komputer  lient melalui internet yang meminta (request) informasi tersebut. Adapun contoh dari software webserver diantaranya Apache, IIS ,Japache server dll. Menurut survei yang dilakukan  ww.netcraft.com bahwa lebih dari 50 % webserver didunia  menggunakan Apache hal ini berkaitan dengan stabilitas dan kekuatan dari web server tersebut.
2. Web Browser
Yaitu software atau suatu program aplikasi yang beroperasi untuk melakukan proses request dari server dan menampilkannya sehingga informasi bias diakses. Contoh Browser IE, Mozilla Firefox, Netscape Navigator.
2. Arsitektur Web
Pada dasarnya adalah seorang yang ahli di bidang ilmu arsitektur desaign web, ahli rancang bangun web
3. Client Side Programming
Pada dasarnya untuk client side programming adalah script / pemrograman yang diterjemahkan disisi client. Artinya script akan langsung dikirimkan ke browser client tanpa harus diterjemahkan sendiri oleh webserver. Dan script-script tersebut diterjemahkan oleh browser sendiri,hal ini tentunya berkaitan erat dengan kemampuan browser dalam menerjemahkan suatu bahasa pemrograman. Sehingga sebagai contoh ketika anda mengakses halaman website dengan menggunakan dua buah browser yang berbeda tentu suatu saat akan mengalami perbedaan tampilan, hal ini dikarenakan tiap browser memiliki kemampuan yang tentunya berbeda satu sama lain.
Berrbagai client side programming yang umum dikenal adalah Javascript, Jscript ,VBScript, dan lain-lain.
Adapun Kelebihan dan kekurangan dari
client side programming adalah :
1. Kecepatan Transfer data lebih cepat.
2. Kemanan kurang terjamin , karena script bersifat terbuka atau bisa dibaca dengan fasilitas View source ditiap browser.
4. Server Side Programming
Server side programming merupakan script yang di terjemahkan pada sisi server. Contohnya jika anda mebuat program maka program tersebut akan dijalankan disisi server. Dan hasil eksekusi nya dikirimkan ke client.
Misalkan : Anda mengakses halaman http://www.gunadarma.ac.id/cgi-bin/script.c kemudian stelah anda mengetikan URL(Uniform Resource Locator) diatas maka web broswser akan mengirimkan permintaan (request) kepada webserver yang isinya meminta agar client bias mengakses halaman CGI (common Gateway Interface), Sehingga client menerima hasil dari eksekusi server-side programming tersebut. Berbagai server side script yang populer untuk saat ini diantaranya adalah CGI, PHP ,ASP ,dan JSP.
Adapun Kelebihan dan kekurangan dari Server side programming adalah :
1. Keamanan script lebih terjaga , karena hasil eksekusi dikirm ke client.
2. Membuat aplikasi website lebih dinamis dan interaktif.
3. Proses transfer data lebih lama , karena hanya hasil eksekusi server yang dikirim ke client. tetapi untuk saat ini kekurangan tersbut bisa diatasi dengan adanya peningkatan performa computer dan komunikasi jaringan yang lebih baik.
5. Software Web Server
Pada saat ini ada beberapa webserver yang sudah dikenal diantaranya Apache Webserver,IIS ,Tomcat ,Coldfusion. Dan sekarang webserver sudah dikemas dengan beberapa paket software lainnya diantaranya adalah Apache2triad, PHPTriad ,Xitami ,Xampp,LAMPP.
Adapun untuk proses installasi webserver sendiri harus diperhatikan juga aspek-aspek seperti aspek kemananan,aspek konfigurasi server sehingga menghasilkan performa webserver yang baik.Apache merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Namun demikian, pada beberapa versi berikutnya Apache mengeluarkan programnya yang dapat dijalankan di Windows NT.Nama Apache diambil dari kata “A Patchy Server”, server perbaikan yang penuh dengan tambalan (patch). Tambalan yang dimaksud adalah penambahan fitur dan penambalan bug dari NCSA httpd Versi 1.3.
Berikut ini cara installasi Apache websever
dikalangan linux:
$ tar -zxvf apache_1.3.X.tar.gz
$ ./configure -prefix=PREFIX
$ make
$ su –
password:
# make install
TO BE CONTINUE…….

0 komentar: